Makna Motif Batik Parang Kusumo

Filosofi motif batik parang kusumo mengandung makna hidup harus dilandasi oleh perjuangan utk mencari keharuman lahir batin ibaratnya keharuman bunga kusuma. Secara literal batik parang kusumo ini merupakan motif parang yang artinya sangat indah.

Ketahui Lebih Dekat 6 Jenis Batik Jawa Beserta Maknanya

Mengenal Batik Parang Jenis Dan Maknanya Bahankaincom

Batik Yang Manakah Kamu Makna Dibalik 5 Motif Batik Terpopuler

Kain Panjang Batik Sidomulyo Parang Barong Parang Kusumo Katun

Filosofi Batik Motif Truntum Batik Foundation

Batik Parang Benarkah Ini Batik Bermotif Senjata Parang

Kata kusumo atau kusuma pada motif ini artinya adalah bunga.

Makna motif batik parang kusumo. Pada era sekarang kain batik motif parang kusumo digunakan pada saat tukar cincin. Motif ini berasal dari dua suku kata yakni parang yang berarti lereng dan kusumo yang berarti bunga atau kembang. Batik parangkusumo berasal dari kata kusumo yang artinya kembang atau bunga yang dikaitkan dengan kembanging ratu. Bagi orang jawa hidup di masyarakat yang paling utama dicari adalah keharuman pribadinya tanpa meninggalkan norma norma yang berlaku sopan santun agar dpt terhindar dari bencana lahir batin. Filosofi motif batik parang kusumo mengandung makna hidup harus dilandasi oleh perjuangan untuk mencari keharuman lahir batin ibaratnya keharuman bunga kusuma. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali motif batik yang seluruhnya tersebar di berbagai daerah indonesia.

Motif batik parangkusumo terdiri dari unsur motif api dan motif mlinjon. Motif ini berasal dari dua suku kata yakni parang yang berarti lereng dan kusumo yang berarti bunga atau kembangpada jaman dulu motif batik parang kusumo hanya boleh dikenakan oleh kalangan keturunan raja bila berada didalam kraton. Pada jaman dulu motif batik parang kusumo hanya boleh dikenakan oleh kalangan keturunan raja bila berada didalam kraton. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai motif batik parang meliputi makna asal motif dan lain sebagainya. Karena artinya bunga sehingga makna yang terkandung di dalam motif parang kusumo ini yaitu berhubungan dengan harumnya nama seseorang. Motif batik parang kusumo.

Beserta filosofi dan maknanya. Motif parang sendiri terinspirasi ketika raja sutawijaya bermeditasi saat itu ia memperhatikan deburan ombak yang tanpa henti menabrak karang hingga berlubang lubang. Filosofi motif batik parang kusumo mengandung makna hidup harus dilandasi oleh perjuangan untuk mencari keharuman lahir. Beberapa makna yang terkandung pada batik parang sendiri adalah kekuatan mental yang kokoh kebijaksanaan dan keadilan dan konsistensi dalam melakukan kebaikan dalam hidup. Bagi orang jawa hidup di masyarakat yang paling utama dicari adalah keharuman pribadinya tanpa meninggalkan norma norma yg berlaku sopan santun agar dpt terhindar dari. Rusak kusumo kencana barong curigo dan harga jual online terbaru 2019.

Batik parang merupakan salah satu motif pada batik yang berasal dari daerah solo yang awalnya berasal dari kerajaan mataram kartasura. Sesuai dengan namanya batik parangkusumo hanya dipakai oleh kalangan keturunan raja secara turun temurun bila berada didalam keraton.

Kagungan Dalem Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat Kraton

Ragam Batik Motif Parang Yang Sarat Makna Mahligai Indonesia

Makna Batik Parang Yang Tak Sembarangan Good News From

Arti Dan Cerita Di Balik Motif Batik Klasik Jawa 3 Baltyra

Motif Parang Batik Parang Memiliki Makna Yang Tinggi Dan

Filosofi Motif Batik Parang Kusumo Batik Foundation


Postingan populer dari blog ini

Motif Batik Toraja Dan Keterangannya