Motif Batik Banten

Sama seperti batik jawa barat yang merupakan batik yang berasal dari provinsi jawa barat. Motif kapurban yang merupakan nama gelar kebangsawanan pangeran purba karena jasanya telah.

Batik Lebak Motif Rangkasbitung

12 Motif Batik Lebak Dan Filosofinya Pemerintah Kabupaten

10 Motif Batik Populer Dari Berbagai Daerah Good News From

Cerita Batik Banten

51 Motif Batik Modern Nusantara Gambar Desain Sederhana

Duta Batik Banten At Dutabatikbanten Twitter

Motif batik yang mengambil nama tempat yaitu pancaniti pamaranggen pasepen singayaksa pajantren pasulaman srimanganti datulaya dan surosowan.

Motif batik banten. Motif batik banten terinspirasi dari artefak terwengkal pada abad 17. Motif batik datulya mengambil dari gambaran tata ruang keluarga kesultanan banten. Motif batik ini mengandung makna buah kehidupan yang penuh manfaat buat ummat akan menghasilkan kenikmatan dunia akhirat tersimbolkan dalam kaceprek dan emping yang memiliki rasa dan selera yang nikmat menambah nafsu makan. Nama toponim enam desa enam gelar dan nama tata ruang keraton kesultanan banten digunakan sebagai nama motif batik banten. Motif batik banten umumnya banyak menceritakan tentang sejarah banten dan juga mengandung filosofi yang biasanya diambil dari nama bangunan gelar tempat dan nama ruang dari situs kerajaan banten. Sejak masa kejayaan banten berakhir tradisi ini pun tidak lagi dilanjutkan.

Ragam motif batik banten tradisikita batik banten adalah batik yang berasal dari provinsi banten. Akan tetapi jika identitas batik jawa barat terbagi dalam beberapa motif khas daerah di jawa barat seperti batik cirebon batik indramayu batik ciamis batik tasikmalaya batik garut batik sumedang. Batik banten motif batik simbut. Batik banten beberapa tahun terakhir menjadi pembicaraan karena baru diketahui bahwa ternyata masyarakat banten sudah mempunyai tradisi membatik sejak abad 17 dimana kala itu dikenal yang namanya selimut batik atau simbut. Motif batik sabakingking diambil dari nama gelar panembahan sultan maulana hasanudin raja pertama kerajaan banten 1552 1570. Selain itu motif kaibon berasal dari bangunan pagar yang melingkari istana keraton banten.

Diharapakan orang yang mengenakan batik motif ini memiliki kemanfaatan hidup bagi diri dan lingkungannya. Banten dalam motif batik seperti yang telah dijelaskan pada deskripsi motif motif di atas makna yang ada di balik penamaan motif motif batik tersebut menunjukan ke banten an yang sangat kental. Banten merupakan provinsi pertama kali mematenkan batik dengan tujuan agar kekayaan budaya indonesia di banten ini tidak mudah dicuri. Motif batik banten banyak bercerita mengenai sejarah banten juga mengandung filosofi yang diambil dari nama bangunan tempat gelar juga nama ruang dari situs kerajaan banten. Batik banten memiliki 75 motif 12 motif pertama yang sudah dipatenkan.

Teknik Dasar Batik Tulis Pdf

Ini Yang Membedakan Antara Batik Banten Dengan Batik Daerah Lain

Beautiful Classic Luxury Batik Banten Seamless Pattern

Kain Batik Banten Motif Bunga 2

Batik Banten Tradisi Luntur Yang Dilahirkan Kembali

Galery Motif Batik Batik Krakatoa Cilegon


Postingan populer dari blog ini

Motif Batik Toraja Dan Keterangannya