Motif Batik Mega Mendung Berasal Dari

Batik mega mendung akan dihiasi aneka pola berbentuk awan yang warnanya gelap seperti merah tua biru tua hijau tua dan lain lain. Namun yang membedakannya yaitu terletak pada aksen dari batik motif parang tersebut.

Maskulinitas Dan Kedinamisan Dalam Sepotong Batik Mega

5 Daerah Dengan Motif Batik Khas Agolf News

Mengenal 10 Motif Batik Terpopuler Di Indonesia Gomudaco

Hari Batik Ini Jenis Macam Batik Indonesia Yang Fenomenal

Tegaskan Punya Batik Mega Mendung Infobudayanet

Motif Batik Mega Mendung Datang Dari Mana Health

Nama nama untuk motifnya antara lain adalah singa payung naga saba taman arum dan mega mendung.

Motif batik mega mendung berasal dari. Motif batik mega mendung cirebon. Bukan itu saja filosofi dan juga makna yang terkait dengan motif ini. Batik mega mendung merupakan salah satu motif kain batik indonesia yang berasal dari daerah cirebon. Dengan ciri khasnya motif batik dari daerah lain tidak ada yang bisa menirukannya daerah khusus cirebon yang memiliki batik ini. Sejarah batik mega mendung. Jika di jogja motif parang rusak dan parang barong di jawa tengah parang slobog dan di jawa barat parang klisik.

Sejarah motif batik mega mendung jika ditinjau berdasarkan sumber referensi buku juga literatur yang ada akan mengarah pada satu sejarah akan kedatangan bangsa china ke wilayah cirebon yang pada akhirnya merujuk pada pernikahan sunan gunung jati dengan ratu ong tien pada abad ke 16. Motif batik mega mendung berasal dari daerah 9048100. Motif yang unik ini berasal dari kota cirebon yang juga dalam pembuatannya. Motif ini tersebar di seluruh jawa mulai dari jawa tengah yogyakarta dan jawa barat. Nah motif mega mendung sangat berbeda dengan motif motif lainnya. Pernikahan sunan gunung jati dengan ratu ong tien menjadi pintu gerbang masuknya budaya dan tradisi china ke keraton cirebon.

Motif ini lebih menggunakan warna warna gelap seperti merah tua hijau tua biru tua dan sebagainya. Batik yang dihasilkan biasanya disebut batik keraton ditandai dengan ornamen ornamen yang berasal dari keraton cirebon. Untuk itu saya akan membahas bagaimana motif batik mega mendung ini. Motif batik sekar jagad. Belum lengkap rasanya membawa pulang oleh oleh dari cirebon jika tidak termasuk batik mega mendung ini. Motif batik mega mendung ini merupakan motif batik asli dari cirebon.

Motif ini juga menjadi ikon dari kota cirebon sehingga sangat khas akan daerah asalnya. Para pembatik keraton menuangkan budaya dan tradisi china ke dalam motif batik yang mereka buat tetapi dengan sentuhan khas cirebon jadi ada perbedaan antara motif megamendung dari china dan yang dari cirebon. Youngsters sebagai penduduk indonesia tentunya kita semua tahu tentang dan cukup akrab dengan kain batik. Apalagi saat ini kain batik indonesia telah menjadi salah satu warisan dunia. Di artikel ini akan dibahas mengenai motif batik mega mendung secara lengkap dan detail mulai dari gambar batik mega mendung kemudian bagaimana sejarah batik mega mendung makna dan filosofi yang terkandung didalamnya corak dan unsur motifnya hingga penjelasan mengenai batik mega mendung ini secara lengkap. Motif ini menggambarkan pola yang berbentuk awan awan.

Lima Batik Populer Khas Daerah Di Indonesia Tagar

10 Corak Batik Nusantara Yang Perlu Kamu Tahu Biar Nggak

Gambar Simpel Batik Mega Mendung Brainlycoid

Belanja Batik Cirebon Motifnya Tak Hanya Megamendung

Batik Tulis Mega Mendung Hokokai

Filosofi Dibalik Motif Batik Mega Mendung Bahankaincom


Postingan populer dari blog ini

Motif Batik Toraja Dan Keterangannya