Batik Malangan Motif Batik Malang

Batik malang biasa disebut batik malangan. Bunga teratai dan malang kucecwara adalah motif khasnya meski kini telah banyak motif baru memperkaya kain batik khas malang ini.

10 Toko Batik Malang Pusat Batik Khas Malang Keren

Karakter Warna Batik Malangan Sebagai Dasar Desain Interior

Batik Malang Motif Topeng Malangan Vll

Motif Topeng Gunungan Batik Blimbing Malang Facebook

Fitinlinecom Batik Malang

Batik Malang Motif Topeng Malangan V

Batik ini menunjukkan wilayah malang yang dikelilingi gunung sehingga wilayah pertaniannya makmur.

Batik malangan motif batik malang. Kini motif batik malangan sudah beragam pengrajin batik malang pun sangat kreatif di samping motif batik malangan yang tradisional dikenal pula motif batik malangan yang kontemporer atau baik batik kreasi baru. Seperti namanya batik ini berasal dari kota apel malang. Batik malangan motif malang kucecwara ini telah ada hak patennya sehingga tidak bisa sembarangan diperbanyak. Filosofi dari motif batik malang tersebut jika ditinjau dari motif yang terbentuk yaitu. Batik malangan juga memiliki motif unik yang khas yaitu motif malang kucecwara motif ini memiliki filosofi yang mendalam yaitu terdapat simbol gambar tugu malang mahkota rumbai singa bunga teratai arca dan sulur sulur serta isen isen belah ketupat. Salah satu motif batik indah yang kurang disorot yaitu batik malang.

Memang batik ini masih kalah pamor dengan batik yogyakarta maupun batik solo namun keindahannya tidak kalah. Gambar tugu malang perlambang kekuasaan wilayah yang bisa juga kita representasikan sebagai wujud keperkasaan dan ketegaran. Setelah batik diakui oleh unesco sebagai warisan budaya dunia lahir berbagai motif unik di indonesia. Motif batik malang yang kita ketahui sekarang ini diantaranya adalah motif batik malang sawat kembang pring kucecwara celaket dele kecer kembang kopi teratai singo kembang juwet kembang jeruk kembang tanjung kembang manggar kembang mayang dan kembang padma atau saat ini lebih kita kenal dengan nama bunga teratai. Batik malang jumat 23 oktober 2015. Meski tidak sepopuler batik jogja batik solo maupun batik pekalongan batik malangan sangat indah dalam kekhasan corak atau motifnya.

Mahkota yang yang terdapat pada motif batik tersebut merupakan representasi dari bentuk mahkota dari raja gajayana yang pernah membawa kerajaan gajayana menuju puncak kejayaannya. Motif ini memiliki filosofi yang mendalam terdapat simbol gambar tugu malang. Motif tanahan atau dasar dimana motif ini diambil dari motif batik di candi badut peninggalan kerajaan kanjuruhan pada tahun 760 masehi. Motif pokok hias isian diisi dengan gambar berupa tugu malang yang kemudian diapit oleh rambut singa dibagian sisi kiri dan kanannya sebagai lambang dari kota malang. Batik kini berkembang pesat di berbagai daerah. Melihat uniknya motif batik malangan khas kota malang batik khas bertema lingkungan yang dipamerkan.

Terdapat salah satu motif yang unik dan khas dari batik malang yaitu motif malang kucecwara. Batik malang memang belum populer namun keindahaan batik malang tidak kalah bagusnya dengan batik yang ada di daerah lain karena memiliki corak batik tersendiri yang khas dan unik.

Batik Tulis Blimbing Malang Diminati Sampai Mancanegara

Batik Malang Disebut Juga Batik Malangan Jawa Timur Aneka

Meniupkan Roh Cerita Panji Di Batik Tulis Topeng Malangan

Mudzakircom Kain Batik Tulis Cap Dan Printing Solo Untuk

Memaknai Filosofi Batik Malang Kucecwara Ngalamco

Batik Malang Motif Topeng Malangan Lx


Postingan populer dari blog ini

Motif Batik Toraja Dan Keterangannya