Motif Batik Betawi

Ketika itu sunda kelapa masih seperti hutan belantara yang ditumbuhi pohon rasamala. Batik betawi merupakan batik bergaya pesisiran dengan motif utama berupa flora yang diwujudkan sebagai buketan atau kontur alam yang ditampilkan lewat pola tumpal aneka motif atau pucuk rebung yang terinspirasi dari bentuk gunung.

Mengenal Lebih Jauh Batik Betawi Yang Punya Makna Filosofi

Kembangkan Motif Batik Betawi Desainer Ini Masukkan Gambar

Kain Batik Betawi Batik Betawi Sarung Batik Betawi

Batik Betawi Free Vector Download 14 Free Vector For

Jual Batik Betawi Motif Bulus Dan Burung Gelatik Dki Jakarta Batik Betawi Shop Tokopedia

Sejarah Motif Batik Betawi Dan Penjelasannya Batik Tulis

Motif batik loreng ondel ondel.

Motif batik betawi. Batik betawi motif rasamala mengisahkan ketika belanda mulai memasuki wilayah sunda kelapa. Berikut adalahh 6 motif batik betawi yang pertama motif salakanagara terinspirasi dari cerita kerjaan pertama di betawi. Batik betawi motif nusa kelapa motif batik tersebut terinspirasi dari peta ceila yang dibuat pada tahun 1482 1521 masa pemerintahan prabu siliwangi. Perlu diketahui bahwa peta tersebut menunjukkan bahwa dahulu kota jakarta bernama nusa kelapa yang selanjutnya berganti nama menjadi sunda kelapa jayakarta batavia dan yang terkahir bernama jakarta. Kedua adalah motif loreng ondel ondel menggambarkan kesenian asli yaitu boneka ondel ondel. Motif batik salakanagara adalah motif yang mengangkat tema kerajaan pertama di tanah betawi yang didirikan oleh aki tirem pada tahun 130m.

Motif ini dibuat untuk mendapatkan kehidupan yang tenteram dan jauh dari bala bencana. Orang betawi menganggap pohon rasamala sebagai pohon keramat karena memiliki bau yang wangi. Nama salakanegara pada motif ini berhubungan dengan kepercayaan masyarakat disaat itu yang menganggap jika gunung salak mempunyai sebuah kekuatan yang besar. Selain itu motif batik betawi juga banyak dipengaruhi oleh budaya budaya china arab belanda dan india. Nama salakanegara sendiri berhubungan dengan kepercayaan warga saat itu yang menganggap bahwa gunung salak memiliki sebuah kekuatan yang besar. Motif batif betawi sangat kental akan budaya arab china india dan belanda.

Warna batik betawi di dominasi oleh warna cerah seperti merah kuning biru hijau dan coklat. Batik betawi memiliki makna dan filosofi yang unik misalnya loreng ondel ondel motif ini dibuat mengangkat figur ondel ondel sebagai boneka yang dapat menolak bala. Dalam pewarnaan batik betawi didominasi dengan warna warna cerah seperti biru terang pink hijau dan orange. Pengumuman kami menyediakan batik betawi dan batik nusantara info terbaru menyediakan souvenir jasa catering jasa percetakan atk dan event organizer. Motif batik salakanagara merupakan motif batik betawi yang mengangkat cerita atau tema kerajaan pertama ditanah betawi yang didirikan oleh aki tirem ditahun 130m. Kalau tidak mau repot klik saja batik betawi shop di.

Kain Batik Betawi Halus

Kerajinan Batik Betawi Dan Makna Motif Kain

Kain Panjang Dua Sekawan Jogja Kain Adrm Cap Cent Halus Dan Lembut Dua Meteran Kbds003 Batik Alhadi

Nyok Kite Jalan Jalan Ke Terogong Beli Batik Betawi

Jual Kain Panjang Motif Batik Betawi Warna Hitam Ada 2 Warna Pilihan Dki Jakarta Batik Ndreyon Tokopedia

Wonderful Indonesia What Is The Batik Betawi Miumosa


Postingan populer dari blog ini

Motif Batik Toraja Dan Keterangannya