Motif Batik Cirebon Adalah

Tumbuh tumbuhan yang menjadi objek adalah tumbuhan yang hidup di sekitar keraton. Motif yang beragam ini juga akan dipengaruhi oleh ciri khas serta keyakinan di tiap daerah.

Batik Cirebon Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi Jawa

24 Contoh Motif Batik Cirebon Dan Ciri Khas 2019 Koleksi

Gambar Batik Jawa Cirebon Dan Jogja Yang Fenomenal

5 Ciri Khas Motif Batik Cirebon Library Of Batik

Motif Batik Cirebon Dan Penjelasannya Batik Tulis With The

Batik Tulis Trusmi Cirebon Motif Angkin Kunci

Berikut ini penjelasan beberapa motif batik cirebon.

Motif batik cirebon adalah. Total motif yang tercatat pada kain batik sekarang adalah 30 jenis motif. Objek yang dijadikan dalam motif batik keraton cirebon adalah tumbuhan binatang mitologi bentun bentuk bangunan taman arum wadasan bentuk sayap perhiasan dan mega mendung. Berbagai macam jenis pakaian dan fashion pun dirancang dengan kain corak tersebut. Batik cirebon adalah batik dengan motif yang unik dan khas yang tergolong dalam kelompok batik pesisiran. Bila anda mau mencari batik asli di cirebon jangan lupa mampir ke tempat wisata di cirebon dan jajanan menarik di cirebon. Setiap pemilihan tumbuhan ini dikaitkan dengan makna tertentu.

Berbagai motif batik yang beragam tentunya menjadi nilai plus bagi setiap orang yang memakainya. Motif yang beragam ini juga akan dipengaruhi oleh ciri khas dan juga keyakinan di tiap daerah tersebut. Sebagai contoh adalah batik motif cirebon pekalongan banyumas dan lain lain. Bukti dari ketenaran motif megamendung dari kota cirebon yang pernah menjadi sampul buku batik terbitan luar negeri yang berjudul desain batik karya pepin van roojen dari bangsa belanda. Motif ini menampilkan penataan ornamen yang sama atau motif ulang yang ditata agak renggang misalnya adalah motif piring selampad dan kembang kantil. Batik yang selalu dipakai oleh masyarakat cirebon adalah motif dasar batik mega mendung ini.

Misalnya saja adalah batik motif cirebon pekalongan banyumas dan batik lain lainnya. Dari sekian banyak jenis motif yang paling terkenal adalah mega mendung yang berasal dari cirebon jawa barat. Total motif yang tercatat pada kain batik di indonesia sekarang adalah 30 jenis motif. Akan tetapi ada juga beberapa motif batik cirebon yang tergolong kelompok batik keraton keraton kasepuhan dan keraton kanoman.

Ini 10 Motif Batik Cirebon Yang Didaftarkan Sebagai Hki

Warna Budaya Batik Cirebon Ceritakaincom

Batik Cirebon Motif Yang Sarat Makna Budaya Dan Spiritual

Mengenal Ragam Batik Cirebon Bahankaincom

Batik Megamendung Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia

Warna Budaya Batik Cirebon


Postingan populer dari blog ini

Motif Batik Toraja Dan Keterangannya