Motif Batik Jambi Daun Kangkung

Motif batik jambi sebagian besar diambil dari bentuk flora dan fauna sebagai mana motif batik yang terdapat di indonesia pada umumnya. Berbeda dengan batik jawa yang menggunakan potongan potongan kain panjang batik jambi biasanya datang dalam bentuk jubah longgar sarung atau sebagai selendangsyal.

297 Sejarah Batik Di Indonesia Perkembangannya Lengkap

Jual Produk Kain Batik Gajah Oling Murah Dan Terlengkap

Indahnya Motif Merak Di Batik Garut

Booklet Kki 2019

Jual Produk Batik Gajah Oling Motif Murah Dan Terlengkap

Mengenal Sasirangan Kain Batik Khas Banua Kalimantan

Corak batik asal banyuwangi yakni motif gajah oling motif kangkung setingkes motif paras gempal motif kopi pecah dan motif indah lainnnya.

Motif batik jambi daun kangkung. Motif motif yang muncul banyak terinspirasi dari tumbuh tumbuhan selain merefleksikan perikehidupan dan karakter masyarakat setempat. Beberapa daerah penghasil batik jambi diantaranya. Batik jambi di buat dengan cara tulis yang kemudian diaplikasikan pada bahan katun paris dan sutera. Tiap daerah menciptakan batik dengan motif yang berbeda beda. Sebagai contoh batik jambi. Warna khas yang biasa dijumpai pada batik jambi adalah merah biru hitam dan kuning.

Motif pokok pada batik jambi sangat sederhana tidak rumit dan cenderung konvensional jafar rassuh durian pecah merak ngeram kuao berhias kapal sanggat tampuk manggis kajang lako batanghari angso duo keris siginjai daun kangkung riang riang kaca piring pucuk rebung bungo durian melati bungo jatuh bungo cengkeh tabur bengkok tabur intan tabur titik. Motif khas bumi blambangan banyak terinspirasi dari kondisi alam seperti motif gajah oling sembruk cacing dan motif gandengan. Motif batik jambi memiliki karakter dan corak motif ceplok ceplok artinya setiap motif itu berdiri sendiri sendiri memiliki nama sendiri dalam penerapannya tidak berangkai tetapi dipadukan antara motif satu dengan yang lainnya motif pokok dengan motif isian bila karakter ini dijaga maka. Jika ada motif batik jambi yang rumit dan detailnya kompleks maka bisa jadi itu merupakan motif pengembangan baru yang muncul pada dekade 80 an. Proses pewarnaan dengan menggunakan warna cerah ada juga berwarna merah berpadu kuning keemasan. Motif batik kangkung setingkes mempunyai filosofi bahwa kita senantiasa mengutamakan dan menumbuhsuburkan kerukunan dan kesatuan untuk membangun banyuwangi yang lebih baikdan nantinya motif batik kangkung setingkes ini akan menjadi tema pada banyuwangi batik festival bbf tahun 2014.

Pada batik jambi menonjolkan ciri khas batik pada proses pembuatannya. Namun dilihat dari bentuk motif corak dan pewarnaannya batik jambi memiliki perbedaan sidnifikan dibandingkan dengan batik yang ada di daerah lain. Motif kangkung ini bagus dijadikan motif batik dengan corak daun kangkung yang besar besar sehingga dilihat mata tampak indah. Motif utama pada batik jambi sederhana dan cenderung konvensional mencirikan watak asli masyarakat melayu jambi. Batik jambi dan batik bengkulu merupakan cerminan dari sekitarnya terutama alam dari lingkungan.

Motif Batik Kangkung Setingkes Khas Banyuwangi

35 Inspirasi Motif Batik Tradisional Nusantara Dari Sabang

Batik Sasambo Khas Lombok

Batik Banyuwangi Gajah Oling Yang Mendunia Inna Group

50 Sejarah Batik Di Indonesia Jenis Gambar Dan Asal Usul

Batik Jambi Kian Disuka Mikronews


Postingan populer dari blog ini

Motif Batik Toraja Dan Keterangannya